Cari tugas >>

Testing pada AntPilot – Game Client for “War of the Ants II”

Sumber : http://fortisi.wordpress.com/


War of the Ants II (WOTAII) adalah multiplayer strategy game yang dibangun berdasarkan arsitektur client server. Game ini dikembangkan oleh 3×20 Marching Ants Corporation untuk pasar game Linux. AntPilot sendiri merupakan software client untuk WOTAII yang dikembangkan oleh FireAnts Team dari AntFarm Division. AntPilot menyediakan graphical user interface di sisi client, bertanggungjawab mengadakan koneksi ke server, mengirimkan perintah-perintah, mengilustrasikan game dalam grafik 3D, dll.

Testing pada AntPilot

Proses testing dilakukan menggunakan komputer yang berada di laboratorium University of Guelph, yang mana telah memenuhi spesifikasi yang sudah ditetapkan pada Software Requirements Specification dan System Design Document. Testing dilakukan dengan seluruh game server yang ada, yaitu FlyingAnts dan ArmyAnts. Total dibutuhkan empat komputer untuk melakukan testing. Dua komputer digunakan untuk masing-masing server. Satu komputer digunakan untuk AntPilot berhubungan dengan server dan membuat game, sedang satu komputer lainnya digunakan untuk bergabung dengan game yang telah dibuat dan kemudian memulai game.

Cakupan dari proses testing ini dibagi menjadi tiga, yaitu black-box testing, white-box testing, dan direct-user testing. Tujuan yang ingin dicapai dalam proses ini adalah untuk mengetahui sebaik apa performa dari AntPilot, dan menemukan bagian yang perlu diperbaiki, termasuk software’s requirement.

- Black-box testing

Pada tahap ini, fokus dari testing dibagi menjadi tiga, yaitu :

  • General Tests

Fokusnya adalah pengoperasian umum oleh pengguna. Beberapa hal yang diuji antara lain transisi menu, catching and handling errors, dll.

Example - General Test

Contoh General Tests

  • Game Play Tests

Fokusnya adalah interaksi antara pengguna dengan software ketika game berlangsung. Beberapa hal yang diuji antara lain apakah karakter dapat muncul di layar, apakah karakter dapat menjalankan perintah-perintah, dll.

Example - Game Play Test

Contoh Game Play Tests

  • Quantitative Tests

Fokusnya adalah mengukur kecepatan performa secara umum. Beberapa hal yang diukur adalah seberapa cepat koneksi dengan server dapat terjadi, seberapa cepat respon perintah dijalankan, dll.

Example - Quantitative Test

Contoh Quantitative Tests

- White-box testing

Pada tahap ini, fokus pengujian adalah kecocokan antara AntPilot dengan network protocol yang dikembangkan oleh Open Ants Standards Working Group (OASWG). Hal yang diuji adalah berjalannya komunikasi ke server, baik untuk mengadakan koneksi, membuat game, dll .

- Direct-user testing

Testing juga dilakukan pada sebuah grup yang dibentuk dengan variasi yang luas. Mereka diminta untuk menyelesaikan sejumlah perintah, dan mengisi kuisioner yang diberikan. Secara garis besar, pertanyaan yang diberikan adalah mencakup game screen, koneksi dengan server, dan sebaik apa game dapat berjalan. Melalui uji ini, dapat diketahui kepuasan pengguna terhadap penggunaan AntPilot.

Example - Direct User Testing

Contoh Direct-user testing

Dalam proses testing ditemukan ada beberapa hal yang perlu diperbaiki, seperti penampilan error message yang belum lengkap, penerapan fitur dari protokol OASWG yang belum diimplementasi, dan beberapa perintah untuk karakter yang belum berjalan baik. Namun, secara umum AntPilot telah memenuhi banyak tujuannya, dan juga memberikan kepuasan yang cukup bagi pengguna. Pengembangan dan perbaikan perlu dilakukan untuk hasil yang lebih baik.

Referensi :

Software Testing Report

Software Requirement Specification

System Design Document


Ida Bagus Putu Yudi Indra Pratama

060010129


No comments:

Komentar >>


ShoutMix chat widget